Berbagi informasi seputar sekolah semua jenjang

Cara Cepat Mengisi Kuisioner PMP Tahun 2017 Versi 2.0

Cara Cepat Mengisi Kuisioner PMP Tahun 2017 Versi 2.0



Salam Satu Data,

Di awal tahun pelajaran 2017/2018 bagi semua operator pendataan di semua jenjang sekolah akan disibukkan dengan agenda rutin tahunan yaitu mengisi Aplikasi Dapodikdasmen dan Aplikasi PMP. 


Bagi Operator Pendataan yang sudah selesai mengisi Aplikasi Dapodikdasmen dengan diakhiri sinkronisasi, maka selanjutnya adalah mengerjakan Aplikasi PMP. Pada dasarnya dalam Aplikasi PMP ini yang berkewajiban mengisi langsung adalah Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa.

Namun pada kenyataannya di sebagian sekolah Aplikasi PMP ini dibebankan kepada Operator Pendataan untuk penginputan data jawaban kuisioner dari masing-masing responden. Tidak terbayang bagaimana lelahnya seorang Operator Pendataan harus mengisi kuisioner jawaban dari sekian banyak responden.

Untuk hal itulah, pada kesempatan kali ini Sekolah Berbagi akan membagikan trik-trik cepat untuk membantu serta meringankan pekerjaan yang nantinya akan ditanggung oleh Operator Pendataan dalam melakukan penginputan data pada Aplikasi PMP Tahun 2017.

Langsung saja untuk mengisi kuisioner PMP Tahun 2017 Versi 2.0 ini diantaranya:

1. Download terlebih dahulu Dapodik versi 2018.
2. Download Aplikasi PMP 2017 versi 2.0
3. Dalam sistem Windows juga harus sudah terinstall driver psqlodbc (di sini)
4. Download Net Framework 4.0 
5. Download Aplikasi FasterPMP v.1.5 (di sini)

Lakukan proses instalisasi dari point 1 s.d 4 dan jangan sampai tidak teristal. Kalau semua sudah terinstal lanjutkan dengan  menjalankan Aplikasi FasterPMP 2017 versi 1.5. 

Langkah-langkah penggunaannya:
  • Setelah sukses membuka aplikasi PMP 2017 melalui localhost:1745 maka yang perlu dilakukan menyiapkan akun pengguna melalui Manajemen Pengguna (Salin Peserta Didik, Salin PTK, Tambah Pengawas dan Tambah Komite Sekolah).
  • Jika sudah lengkap seluruh kuesioner maka tinggal buka aplikasi FasterPMP 2017, dan pilih jenis respoden serta repsondennya setelah itu tinggal klik Proses. Ulangi sampai jumlah yang diinginkan.

Lihat cara di bawah ini sesuai petunjuk di atas:
  • Jika Manajemen Pengguna masih kosong silahkan klik Menu Salin Peserta Didik dan Salin PTK dengan sendirinya akan menyalin data user dan passord pengguna pada Dapodik yang disalin ke Data Aplikasi PMP 2017

  • Pada Menu Tukar Pengguna silahkan targetkan siapa yang akan diisi Kuisioner PMP 2017 

  • Buka Aplikasi Faster PMP 2017 versi 1.5 masukan Login seperti Login pada Dapodik ataupun Aplikasi PMP dengan User dan Password yang sama.

  • Sebelum memproses atau mengisi Kuisioner PMP 2017 versi 2.0 dengan Aplikasi FasterPMP 2017 versi 1.5 buka dahulu laman PTK, Siswa, Pengawas ataupun Komite yang akan disini Kuisionernya. Klik menu konfirmasi selesai pada laman Target lihat jumlah pertanyaan yang belum dijawab dan yang sudah dijawab serta statusnya

  • Jika ada kesalahan pada Aplikasi seperti gambar dibawah ini adalah normal dan biarkan saja sampai proses selesai.

  • Refresh kembali laman menu konfirmasi selesai kemudian akan seperti gambar dibawah ini

  • Setelah status sudah selesai atau pertanyaan sudah dijawab semua kemudian klik tombol konfirmasi disebelah kiri bawah. Artinya semua pertanyaan kuisioner pada target sudah diisi dan selanjutnya untuk pengisian Siswa, Pengawas dan Komite sama seperti langkah-langkah di atas. 
Demikian ulasan mengenai Cara Cepat Mengisi Kuisioner PMP Tahun 2017 Versi 2.0 . Terima kasih.

Artikel Lainnya::


    Labels: Paud/TK, SD, SMA, SMP

    Thanks for reading Cara Cepat Mengisi Kuisioner PMP Tahun 2017 Versi 2.0. Please share...!

    1 Comment for "Cara Cepat Mengisi Kuisioner PMP Tahun 2017 Versi 2.0"

    Back To Top